085361222016 | Belajar Jarimatika Di KUMAT MEDAN


JARIMATEMATIKA

belajar jarimatika

Belajar Jarimatika - Metode belajar jarimatika merupakan salah satu metode perhitungan matematika dengan memakai jari jari tangan. Metode ini sangat mudah dipahami, murah dan sangat mengasykkan untuk diberikan kepada anak – anak. Alasannya karena dapat dilakukan sambil bermain.

Pengajaran matematika dasar kepada anak – anak dengan metode bermain akan memberikan  pemahaman kepada anak – anak bahwa matematika itu sangat mengasykkan dan bukanlah pelajaran yang menyeramkan. Disekolah sekolah boleh menambahkan sebagai jam pelajaran tambahan bagi siswa untuk belajar dijam luar sekolah.

Mari kita belajar tahap awal mengenalkan angka angka menggunakan jari jari tangan anda.

1.jari Tangan Kanan sebagaia Satuan
2. Jari Tangan Kiri sebagai Puluhan

Contoh:

1.PENJUMLAHAN


3 + 4 = 7
Metodenya: buka jari tangan kanan 3 setelah itu buka lagi 4, dikarenakan tidak cukup maka untuk mendapatkan angan 4 bukalah jari jempol yang bernilai angak 5. Dikarenakan jempol memiliki angka 5 maka tutup atau kurangkan satu jari untuk memperoleh angka 4

9 + 3 = 12
Metode: bukalah jari kanan  9 setelah itu buka lagi angka 3. Dikarenakan jari kiri tidak cukup maka untuk mendapatkan ngka 3 bukalah jari kiri satu yang bernilai angka 10.dikarenakan satu jari kiri mempunyai anga 10 maka kurangi 7 kari kanan kamu untuk memperoleh angka 3.


8 + 7 = 15
Metode: Bukalah jari kanan angka 8 setelah itu angka 7 dibuka lagi. Dikarenakan jari kiri sudah tidak cukup maka untuk mendapatkan angka 7 bukalah jari kiri satu yang bernilai 10. Dikarenakan satu jari kiri bernilai 10 maka tutuplah tiga jari kanan untuk memperoleh angka 7.
27 + 9 = 36
Metode: Bukalah jari kri 2 kemudian jari kanan 7 dibuka kemudian dijumlahkan 9. Dikarenakan jari kiri tidak mencukupi  maka untuk mendapatkan angka 9 satu jari kiri yang berangka 10 di buka lagi. Dikarenakan satu jari kiri bernilai angka 10 maka satu jari kanan untuk memperoleh angka 9 ditutup.

Baca juga artikel : Pembagian Kelas 2 SD

2. Pengurangan

7 – 3 = 4
Metode: jari kanan bernilai 7 ditutup setelah itu ditutup 3 dengan metode tutup jempol. Sebab jempol bernilai angka 5 maka untuk mendapatkan 3 maka ditutup jempol baru dibuka dua jari kanannya.

24 – 8 = 16
Metodenya: jari kanan dibuka 2 dan jari kiri 4 setelah itu kurangkan 8 dengan cara menutup empat jari kanan. Dikarenakan masih kurang empat maka satu jari kiri ditutup lagi. Dikarenakan satu jari kiri memiliki angka 10 maka kurangilah empat dan sisanya enam sehingga bukalah jari kanan bernilai 6.

3.Penjumlahan dan Pengurangan

1 + 5 + 2 – 5 = 3
belajar jarimatika


21 + 55  = 76

belajar jarimatika

21 + 13 – 2 = 32

belajar jarimatika

 Sampai disini dulu ya adik adik pelajaran jaritematik kita. Silahkan adik adik coba dirumah ya!! Jangan malas untuk mencoba dan mengulangi kembali supaya terbiasa. Untuk adik adik yang mau lebih lagi belajar jaritematik  yang lebih menyenangkan lagi silahkan anda daftrakan diri anda ke tempat kami Kursus Matematika (KUMaT) Medan.

 Kami tunggu kedatangan adik adik ya jangan mau ketinggalan. 

KONTAK KAMI:
YANTI PURBA
HP/ WA : 0812 6157 1945
Jl.bRIGJEN ZEIN HAMID GG SOFYAN NO. 41 TITI KUNING
MEDAN JOHOR
www.bit.ly/kumatmedan


TONTON VIDEO :