ALJABAR SMP DI KUMAT


MATERI DASAR ALAJABAR  SMP DI KUMAT

aljabar SMP DI KUMAT

Hallo adik – adik!!!!!!! Gimana kabarnya?????? Gimana dengan hasil belajar matematika adik adik di sekolah???? Masih biasa biasa saja atau sudah luar biasa????? Atau masih malas belajar matematika???????? Ayo adik adik cepat cepat menghilangkan pikirin malas belajar matematika.

Disini kakak sebagai tentor dari KUMAT mau berbagi bagi nihh tentang pelajaran matematika di tingkat SMP supaya pikiran adik adik terbuka. Hari ini kakak mau berbagi materi tentang ALJABAR SMP. Ayo!!!!!!!! Siapa yang tidak suka belajar materi ini? Nah kakak kasih tau ya triknya!!

Yuk kita mulai saja materinya ya!!!!!!!

Alajabar itu memiliki ada suku, koefisien, variabel dan konstanta. Istilah ini memiliki arti. Variabel itu adalah sesuatu yang belum diketahui nilainya dan biasanya ditulis dengan huruf kecil abjad dari a – z. koefisien adalah angka yang ada didepan variabel. Sedangkan konstanta adalah angka tanpa huruf.

Contoh

3p + 5
Artinya disini ada 2 suku, koefisien = 3, variabel = p dan konstanta = 5.
Dan ingat contoh diatas tidak suku sejenis jadi tidak bisa dijumlahkan.
Kalau sejenis baru bisa dijumlahkan.

Contohnya

2a + 3a
Artinya diatas memiliki 2 suku yang sejenis sama sama memiliki variabelnya a dan pangkatnya sama yaitu 1, maka bisa dijumlahkan hasilnya sama dengan 5a. kalau menjumlahkan aljabar yang memiliki suku sejenis yang dijumlahkan hanyalah koefisiennya aja dan variabelnya tetap gak bertambah dan gak berkurang. Sama seperti 2 pensil + 3 pensil sama dengan 5 pensil.

Jadi penjumlahan dan pengurangan dalam aljabar sama caranya ya!! Cukup hanya koefisiennya dari varibel yang sejenis dijumlahkan atau di kurangkan. Kalau tidak sejenis cukup dibiarkan sampai begitu saja.

Nah bagaimana dengan perkalian pada aljabar?

Kalau perkalian ya tidak perlu memandang sejenis atau tidak sejenis. Ya kalikan aja koefisien dan variabelnya.

Contoh

1. 2a . 5a = 10a^2

Cara kerjanya kalikan koefisennya dan jumlahkan pangkat dari variabel yang sama.
Jadi hasilnya 10a^2

2.  3m x 5n

Kalau yang tidak sejenis ya kalikan saja koefisiennya dan gabungkan variabelnya.
Jadi hasilnya 15mn

Nah kalau pembagian ya kebalikan dari perkalian. Dalam membagikan aljabar, ya tidak melihat dia apakah sejenis atau tidak. Bagaimana caranya? Ya tinggal di bagikan koefisiennya dan jika variabelnya sejenis ya tinggal dikurangi aja pangkat dari variabel yang sama

 Baca juga : Bangun Ruang SMP

Contoh.

15a^3 : 3a =

Caranya bagikan saja koefisiennya 15 : 3 = 5, kemudian pangkat dari varieabel tersebut dikurang 3 – 1 = 2. Jadi hasil dari pembagian aljabar diatas adalah 5a^2.
Bagaimana kalau tidak sejenis ya cukup koefiseinnya aja dibagi dan variabelnya dibiarkan saja.

Contoh:

20 m : 4n
Karena variabelnya tidak sama maka cukup koefisiennya saja dibagi yaitu 20 : 4 = 5. Jadi hasilnya adalah 5m: n.

Nah itu saja konsep dasar yang perlu diingat dalam belajar aljabar SMP. Mudah bukan!!!!! Jadi aljabar itu diibaratkan menjulahkan atau mengurangkan atau mengalikan atau membagikan barang.

kursus matematika di medan


Jadi belajar matematika itu tidak sulit hanya perlu saja ketelitian dan penaman konsep dasar bukan dihapal. Cukup dipahami dan dimengerti konsepnya.

Sampai disini dulu ya pelajaran materi kita hari ini dari KURSUS MATEMATIKA ( KU-MAT) MEDAN. Kami tunggu kehadiran adik adik ya di tempat kami. Ayo bergabung dengan kami untuk belajar matematika dengan menyenangkan.

Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat ya. Jika kamu merasa bermanfaat silahkan kamu share ke teman – teman yang lain ya adik adik.

 Sampai ketemu selanjutnya!!

KURSUS MATEMATIKA (KU-MAT) MEDAN
YANTI PURBA
Hp/Line/ Wa : 0853 6122 2016
Jl.Gaperta Ujung Gg Simalungun No.4  - Medan - Sumatera Utara
IG : milagrosmedan
www.bit.ly/kumatmedan


TONTON YA!!!!!