OPERASI BILANGAN BULAT SD DI KUMAT


OPERASI BILANGAN BULAT SD DI KUMAT

kursus matematika medan

Salah satu lembaga pembelajaran yang membantu anak untuk belajar matematika adalah KUMAT MEDAN. Disni kami berusaha membantu siswa yang sulit belajar matematika. Sebab dasar belajar matematika ada di tingkat SD. Dan perlu diingat juga bahwa pelajaran matematika dari SD – SMA itu ibarat seperti rantai atau saling keterkaitan. Jadi bila salah satu pelajaran matematika yang tidak diketahui di SD maka kelanjutannya nanti pasti anak tersebut jadi malas belajar matematika karena sudah ada 1 materi matematika yang si anak tidak paham saat di SD. Jadi intinya didiklah anak anda untuk belajar matematika sejak dini.

Salah satu materi di tingkat SD yang sangat sangat di perlukan adalah Operasi Bilangan Bulat. Kami (KU-MAT MEDAN) akan memberikan sedikit mengenai materi ini dengan mudah dan sangat mudah dipahami siswa. Dan kami juga berusaha untuk bisa mengembangkan motoric siswa.

Yuk kita masuk ke materinya!!!!!!!!

Baca juga : PEMBAGIAN

Ada beberapa hal yang harus diingat dalam operasi bilangan bulat, yaitu:

1.Menjumlahkan bilangan bulat dengan garis bilangan

Ingat penjumlahan dalam garis bilangan harus dimulai dari nol.

Contoh 

– 6 + 8 = 2

Yuk kita hitung mulai dari nol
Dari nol kita kekiri sejauh 6 langkah karena negative itu melangkanya ke kiri, kemudian dari tempat terakhir kita berhenti sejauh – 6 kita melangkah ke kanan sejauh 8 langkah karena posit 8 melangkah ke kanan. Sehingga berhenti di angka dua. Jadi hasilnya adalah 2

penjumlahan bilangan bulat


2.Mengkurangkan bilangan bulat dengan garis bilangan

Artinya penjumlahan dengan lawan bilangannya.
Maksudnya ini
# Jika a – b = a + (- b)
# a – (-b) = a + b

Contohnya

5 – 8 =
Yuk kita hitung, supaya bisa kita masukkan ke dalam garis bilangan kita harus ubah bentuknya menjadi  5 + ( - 8). Berarti dari nol melangkah ke kanan karena positif 5. Kemudian kita melangkah ke kiri sejauh 8 langkah karena negative 8. Sehingga kita berhenti diangka negative 3. Jadi hasilnya adalah – 3.

pengurangan bilangan bulat

 Nah itu beberapa hal yang harus kita ingat ingat dalam operasi bilangan bulat SD. Mudahkan!!!! Jadi siapa bilang belajar matematika itu sulit?? Kita hanya belajar seperti memainkan ular tangga. Nah sekarang kamu hilangkan konsep kamu yang mengatakan matematika itu sulit. Kamu aja yang belum tahu gimana triknya. Jadi kalau kamu sudah tahu triknya kamu akan terus mengulanginya dan dengan sendirinya konsepnya akan kamu ingat terus sampai kapan pun. Karena kamu belajar matematika bukan menghapal tetapi belajar matematika itu belajar menanamkan konsepnya ke dalam pikiran kamu dan diulang ulang terus.


Sampai di sini dulu ya penjelasan kakak!!!!!!!! Ayo yang kamu mau belajarnya lebih menyenangkan lagi yuk belajar dengan kami di KURSUS MATEMATIKA (KU – MAT)MEDAN. Kami tunggu kedatangan adik adk ya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Jika penjelasan ini bermanfaat untuk adik adik silahkan di share ya sama teman - teman yang lain!!! 

Selamat Mencoba !!! Salam Matematika!!!!!


KURSUS MATEMATIKA (KU-MAT) MEDAN
YANTI PURBA
Hp/Line/ Wa : 0853 6122 2016
Jl.Gaperta Ujung Gg Simalungun No.4  - Medan - Sumatera Utara
IG : milagrosmedan
www.bit.ly/kumatmedan

TONTON YA!!!!!