Fakta Pendidikan DI Indonesia


FAKTA PENDIDIKAN DI INONESIA

pendidikan di indonesia

Hello Bapak/ ibu apa kabarnya? Apakah Bapak/ibu tahu bahwa tahun lalu tim pelajar SMP dari Indonesia berhasil merebut medali Olimpiade Matematika pada tingkat International? Pada ajang olimpiade International itu, mereka berhasil merahi sutu medali emas, dua medali perunggu, tiga medali perak, dan empat penghargaan Merit. Luar biasa!!! Ini menunjukkan bahwa sebenarnya pelajar di Indonesia mampu untuk bersaing secara international, ini dibuktikan dari perahi pelajar Indonesia yang menang dalam Olimpiade sain dan Matematika pada tingkat tersebut.




Namun tidak boleh buru buru mengambil kesimpulan Pak/Ibu. Walaupun Banyak pelajar yang mampu terlibat dan memenangkan olimpiade, faktanya jumlah mereka hanya sebagian kecil saja dari seluruh pelajar di Indonesia yang mencapai 50 juta siswa. Terus seperti apa sebenarnya sistem pendidikan di Indonesia? Simak penjelasan di bawah

Berdasarkan PISA (Programme for International Student Assesment, Indonesia menempati posisi 2 dari bawah. PISA adalah salah satu alat ukur perkembangan Negara berkembang, khususnya pada bidan pendidikan. Negara Negara berkembang diukur dan ditingkatkan berdasarkan kemampuan pelajarnya di bidang sains, matematika, dan literasi. Dibalik dari banyaknya jumlah medal yang berhasil dirahi, ternyata Indonesia masih jauh berada di posisi bawah dalam PISA. Indonesia punya kesempatan untuk menduduki posisi atas, namun sekarang ini masih terkendala dalam fasilitas menncapainya.

hasil PISA

Ada fakta yang mengejutkan lainnya tentang pendidikan kita di Indonesia Pak/ibu. Walaupun terlihat baik baik saja, pendidikan Indonesia termasuk dalam status gawat darurat. Seorang professor di Uiversitas Harvard bernama Lant Pritchett melakukan penelitian tentang pendidikan dan mengungkapkan bahwa Indonesia butuh 128 tahun untuk bisa sejajar dengan rata – rata Negara berkembang dan maju dalam sistem pendidikan. Itu baru sejajar dengan rata rata saja. Apabila seluruh pelajar SMA di Jakarta lulus ujian Nasional, baru akan meningkatkan sekitar dari sepertujuh dari posisi awal. Dan apabila seluruhnya diterima di perguruan tinggi maka baru meningkatkan seperdua. Untuk itu, Indonesia harus kerja ekstra keras untuk mengejar kertertinggalannya agar pendidikan di Indonesia semakin maju.

Usaha yang dilakukan untuk mengejar ketertinggalan tersebut, Indonesia harus memajukkan 2 asek penting dalam pendidikan yaitu akses dan kualitas. Dua hal tersebut tidak dapat dipisahkan dan sangat penting untuk mencapai kualitas pendidikan yang baik. Menyediakan guru – guru terlatih ke pedesaan merupakan salah satu solusinya. Namun hal itu belum efisien, mengingat akan banyak waktu dan tenaga yang diperlukan untuk mempersiapkan kualitas guru dan keterjangkauan tempat yang dituju. Selain itu, berdasarkan UKG (Uji Kompetensi Guru) rata – rata nilai yang diperoleh guru Indonesia masih rendah sekitar 52 dari 100. Apabila masih seperti ini bagaimana mungkin muridnya bisa maju bila guru yang tersedia masih minim.




Lalu bagaimana solusi lain untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan Indonesia? Salah satunya adalah KUMAT (KURSUS MATEMATIKA) Medan. Anda sebagai orangtua bisa memasukkan anak anda ke KUMAT MEDAN untuk meningkatkan intelektual anak anda.

Di sini anak anda diajar untuk mengolah pola piker, keterampilan siswa. Anda tidak perlu ragu ragu lagi. Ingat pendidikan yang baik bisa membawa kita ke masa depan yang lebih baik lagi. 

KUMAT medan


KURSUS MATEMATIKA (KU-MAT) MEDAN
YANTI PURBA
Hp/Line/ Wa : 0853 6122 2016
Jl.Gaperta Ujung Gg Simalungun No.4  - Medan - Sumatera Utara
IG : milagrosmedan100