Pendidikan Karakter Anak di Era Globalisasi


Pendidikan Karakter Anak di Era Globalisasi

pendidikan karakter di era glogalisasi

Disaat ini kita tidak dapat mengelak dengan adanya perkembangan teknologi di zaman era globalisasi. Di zaman era Globalisai ini membuat kita harus melek dengan adanya perkembangan teknologi. Begitu juga dengan para remaja untuk zaman sekarang yang di katakana pelajar. Mustahil sekali bila anak zaman sekarang tidak mempunyai gadget. Ya minimal anak sekarang mempunya alat komunikasi berupa smartphone atau android. Yang menjadi perhatian sekarang ini dengan adanya perkembangan teknologi membuat norma anak semakin menurun karena semuanya tidak didukung oleh norma norma. Oleh karena itu disinilah pendidikan karakter sangat berperan penting bagi anak kita untuk mengarahkna siswa yang mayoritas memasuki usia remaja dan puberitas untuk bisa lebih bijaksana dalam memanfaatkan perkembangan teknologi yang berkembang sekarang ini.



Apa yang Dimaksud Pendidikan Karakter?

Dibutuhkan pendidikan karakter untuk megatasi norma perilaku anak yang menurun pada saat ini. Sebab pendidikan karakter merupakan cara atau usaha dalam memperbaiki moral yang mengarah ke lebih positif. Kita tahu bahwa dengan adanya perkembang teknologi yang membuat atau mengedepankan sisi negative sehingga mengeser moral remaja ke arah yang lebih buruk lagi sehinga perlu ditangani. Walaupun masih ada hal hal yang positif yang di dapat dari perkembangan teknologi. Akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa dengan adanya gadget dan media yang memberi dampak besar bagi karakter siswa. 

Salah satu contohnya adalah dengan sinetron Indonesia yang memperlihatkan contoh yang kurang baik terhadap karakter siswa, oleh sebab itu, pendidikan karakter harus dilakukakan utnuk mengarahkan siswa kea rah yang lebih positif.

Nah disini Kursus Matematika (KUMAT) Medan memberikana bebarapa tips agar moral siswa dapat berkembang kea rah yang lebih positif, yaitu:

1. Peran dari Sekolah

Sekolaha adalah tempat dimana siswa beraktivitas sehari hari. Bahkan sekarang ini sekolah sudah menjadi tempat siswa lebih banyak menghabiskan waktu daripada di rumah. Sehingga sangat cocok sekolah menjadi wadah membantu perkembangan karakter siswa. Sekolah bida memberikan keggiatan supata siswa mam[u menyalurkan asoirasinya dengan hobi mereka. 

2. Ekstraakulikuler
Dengan adanya ditambah ekstrakulikuler di sekolah membuat perkembangan karekter siswa semakin meningkat. Contohnya dengan adanya ekskul teater, olahraga, seni tulis, Bahasa asaing membuat berkembangannya minat siswa untuk mengikuti ekskul tersebut.

3. KBM yang komunikatif
Untuk sekarang ini kurikulum juga harus bisa menuntu siswa untuk lebih aktif di dalam kelas saat proses KBM berjalan. Tetapi apabila tidak terjadi komunikasi dua arah antara guru dan siswa maka tujuan dari KBM tidak akan tercapai. Minimal guru memberikan fasilitas media pembelajaran yang lebih variatif dan menyenangkan yang membuat daya Tarik belajar siswa kuat seperti presentasi power point yang di gunakan. 

4. Reward untuk siswa yang memberi dampak positif
Hadiah untuk siswa yang berprestasi sangat banyak, namun reward untuk siswa uang kreatif atau memberikan dampak positif untuk temannya sangat minim diberi penghargaan.

Beberapa contohnya
  • Siswa yang selalu datang lebih cepat dari temanny yang lain di kelas 

Hal ini bisa memberi dampak untuk siswa lain bersikap lebih rajin untuk hadir lebih awal di kelas
  • Siswa yang aktif dalam kegiatan sekolah

Siswa yang aktif dalam berorganisasi akan memberikan dampak lebih semangata untuk siswa yang lain dan bisa membuat perkembangan pendidikan karakter anak semakin meningkat.

5. Peran Orang tua
Orang tua haruslah berperan utnuk meningkatkan perkembangan karakter siswa. Oleh sebab itu anda sebagai orang tua harus bisa menjadi sahabat bagi anak anak. Apabila anda orangtua yang sibuk dengan pekerajaan yang membuat waktu untuk bertemu dengan anak anda kurang, anda harus bisa mengusahakan media lain untuk berkomunikasi dengan anak anda seperti HP. Sebab komunikasi yang baik membuuat anak anda menjadi nyaman dan menjadi teman curahan segala pikiran da nisi hati anak anda.




6. Peran Komunikasi atau Organisasi Sosial.
KOmunikasi dan organisasi sekarang ini banyak menyediakan hal yang positif dalam visi mereka,
Oleh sebab ity komunikasi atau organisasu social harus lebih efektif dan mensosialisasikan ke lembaga lembaga formal seperti sekolah. Supaya siswa dapat mengetahui wadah yang tepat untuk menyalurkan  aspirasi anak anda.

Bagaimana adik – adik KUMAT Medan? Anda mengetahui jelas bahwa pentingnya pendidikan karakter di era globalisais ini. Untuk adik adik yang mau perkembangan pendidikan karakternya berkembang silahkan gabung dengan team kami di KUMAT MEDAN dan jangan sia siakan waktu adik adik ya. Segera daftarkan diri anda sebelum terlambat. 

KONTAK KAMI:
KURSUS MATEMATIKA (KU-MAT) MEDAN
YANTI PURBA
Hp/ WA : 0853 6122 2016
Jl.Gaperta Ujung Gg Simalungun No.4  - Medan - Sumatera Utara